Oleh: Ade Suganda Tuesday 23 June 2015

Astagfirullah! *save*

Assalamualaikum. Sebagai umat Islam, aku juga selalu memperhatikan perilaku umat Islam yang seringkali menurutku nyeleneh.

Aku memang bukan seorang yang alim. Tapi aku berani berpendapat bahwa yang dilakukan orang-orang Islam yang menurutku karabitan seperti yang mau aku jabarkan dibawah ini salah dan bahkan bisa bikin mau umat Islam.

Apalagi kalo perilaku kita sebagai umat beragama itu pasti bakalan jadi bahan hujatan para Ateis. Makanya jangan salah yah ^_^

Berikut hal yang kamu kira Islami banget padahal gak lebih dari cuma bikin malu umat Islam.

1. Cadar
 
Kalo di Arab okelah. Kalo di Indonesia buat apaahhh???
Ya udah taulah berntukannya yah. Sekarang malah makin banyak cewe bercadar kaya ninja yang aku sendiri  gak tau apa fungsinya kalo kita terapkan di Indonesia.

Mereka kira mereka lebih syariah, lebih dekat sama Tuhan. Lah emang ada ya hukum dalam Islam soal bercadar? atau karna cuma ngikutin orang-orang Uni Arab?

Eh sis, orang Arab itu pake jadar dan pake baju hitam super kombor itu karna alasan tertentu. Yaitu, karna di Arab itu sering terjadi badai pasir sis. Dan kalian tau sendiri kan kalo di Arab itu panasnya minta ampun, makanya mereka pake baju hitam yang kombor. Karna warna hitam itu menyerap panas, dan baju yang kombor itu menyebabkan bagian dalam pakaian jadi hampa udara dan tentunya akan jadi mudah didatangi udara. Pelajaran Fisika dek!

Jadi udah ngerti kan, kenapa aku bilang cadar itu salah..

2. Ngitung Pahala dan Berkeinginan Masuk Surga

Ayo-ayo-ayo yang mau ke surga yookkk

Ini adalah hal yang sering banget jadi bahan untuk menghujat para umat Islam oleh Ateis.

Kalo masih SD sih sangatlah tidak masalah kalo ibadah karna mau dapet pahala dan supaya masuk surga. Tapi kalo udah dewasa masih ngitung-ngitung pahala dan beribadah dengan alasan ingin masuk surga? wkwkwkwkwk ngakak ane cuk!

Bahkan sampe sekarang aja masih banyak pak Ustad yang masih ngitung-ngitung pahala dan berharap masuk surga wkwkwkwk

Sekarang aku jelasin nih kenapa hal ini salah. Gini ya, waktu masih SD dulu kita diceritain soal pahala dan surga itu supaya kita mau beribadah. Emang sih untuk orang yang rajin beribadah itu emang dijanjiin surga yang tertulis dalam kitab kita (Al-Qur'an).

Tapi kalo kalian udah dewasa dan masih ngitung pahala sama berharap surga? pemikiran kalian gak lebih dari pemikiran anak-anak.

Jadi gini, kalian udah diciptain, kalian dikasih kehidupan, dikasih cobaan. Bukannya berterimakasih malah minta surga lagi! ngerti?. Jadi kita itu beribadah bukan soal pahala dan surga bro/sist. Kita itu beribadah dengan tujuan tak lain adalah mensyukuri dan berterimakasih sama Allah SWT atas segala sesuatu yang dikasih sama kita. Bukannya malah minta imbalan pahala/surga. Mikir!!!

3. Bikin Hukum Sendiri

Ini sebenernya cuma sekumpulan orang yang termakan doktrin gajelas dari orang-orang yang kurang ilmu dan tidak bertanggung jawab.

Mereka suka bikin hukum sendiri, contohnya kaya ini:
 
Masyaallah, Islam "lu" ngeri amat!

Gimanah? sampah bukan?. Yang lebih parahnya lagi gak menyertai hadis or something :v
Gak ada hukum dalam Islam yang sekejam itu masbro/sist.

Ada lagi yang bikin hukum sendiri soal patung dan lukisan. Katanya patung dan lukisan itu hukumnya haram kwokwokwo ngakak sumpah. Yang lebih bikin ngakak lagi saat mereka bilang "patung apapun atas dasar apapun" kwokwowko.
 
Omaigaaatttt mereka harooommmm!!! hancurkan merekaaa!!!

Eh tutup toples! patung itu haram atau tidak tergantung tujuannya. Kalo situ bikin patung/lukisan buat situ sembah ya jelas haram. Tapi kalo situ buat patung/lukisan karna seni atau untuk monumen peringatan tertentu ya engga haram lah bego! Sekalian aja bilang gapura 17 Agustus haram wkwkwkwk

4. Klaimatologi & Cocoktologi

Ini juga salah satu kebiasaan orang Islam yang kurang ilmu dan terlalu fanatik yang sangat amat jelas salah banget.

Contohnya kayak kejadian baru-baru ini:
 
Hayoloohhhhhh...

Hayoloh siapa kemaren yang nge-klaim doi udah masuk Islam wkwkwk. Ini salah satu kebiasaan orang Islam gajelas yang bikin ngakak juga sih. Mereka suka ngaku-ngaku/ngeklaim sembarangan.

Maksudnya, seandainya memang iya juga ya biarin aja sih, ngapain juga lu yang rempong. Dia orang terkenal, dan dia Islam. YAUDAH!!!

5.  Memisah / Rasis
 
Ahok bukan Islam, dan Ahok musuh Islam = FPI's Logic!

Jarang sih, tapi aku pernah punya temen yang begini loh :v

Intinya mereka menganggap orang selain orang Islam itu salah dan tidak pantas dijadikan kawan or something :v ya jadinya gitudeh, mereka gak mau temenan sama yang bukan Islam. Yang ini pasti kalian gampang ngertilah kenapa yakan wkwkwk

6. Radikal

Mampus!!! Mereka gak tau siapa sebenernya yang mereka bunuh..

Mereka bunuh orang dengan alasan membela Islam. Iyuuhhh jijik deh. Mana ada ajaran Islam yang ngajarin gitu.

Yang lebih bikin ngakak lagi mereka suka maksa orang harus masuk Islam atau akan mereka akan membunuhnya. Ngakak gak sih?

Ya namanya juga "kepercayaan". Jadi ya terserah seseorang itu dong mau percaya ke yang mana.

Udah deh, kalo yang ini gausah diperjelas lagi. Udah jelas-jelas orang Islam yang kurang ilmu banget yang ikut atau berpartisipasi disinimah.



Nah jadi itu deh hal-hal yang sangat amat bikin malu umat Islam. Aku orang Islam, walaupun aku gak seorang yang rajin beribadah tapi aku berani bilang kalau yang dilakukan sama orang-orang diatas itu salah.

Aku orang Islam yang berani bilang masih banyak orang Islam yang salah dibumi ini. Karna sekarang ini secara orang beragama itu cuma ikut-ikutan. Bapak/Ibunya Islam, doi juga Islam. Bakap/Ibunya Kristen, doi juga Keristen. Gitudeh.

Yaudah deh, intinya dikaji, difikirkan, dan ditelaah dulu sebelum dicerna yee. Kalo ada yang mau membantah atau nambahin silahkan aja di comment yee. Wassalam.

{ 23 comments ... read them below or Comment }

  1. Assalaamu'alaikum kak, aku hanya mau meluruskan tentang cadarnya,

    Beberapa orang memiliki cadar itu gak cuman karena badai gurun, tapi juga buat 'menutupi' kecantikan yg dimiliki yang hanya dinikmati suaminya sendiri. Juga demi melindungi wajah dari sinar matahari dan polusi. Fungsinya sama aja kayak masker kok. Meskipun al qur'an dan hadits tidak secara langsung menerapkan penggunaan cadar itu sendiri namun bagi sebagian kalangan cadar itu adalah sebuah kebutuhan untuk melindungi dirinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tapi kan bisa biasa aja gak sih. Masudnya okelah bercadar, lah tapi bajunya gausah yang super kombor kaya orang arab. Dan lagi gak ada pembuktian kita punya hukum tentang bercadar.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Kalau masalah bercadar itu sih kembali ke keyakinan masing-masing saja. Tapi jangan terlalu menunjukkan ketidaksukaan kita terhadap yang bercadar. Kan bagaimanapun mereka bagian dari kita~
      #komentaredisiramadhan

      Delete
    4. Keyakinan sih keyakinan, tapi kayanya gak perlu selebay gitu juga deh.

      Delete
    5. Itu ga lebay, btw.

      Hanya mau mengingatkan kalau masalah bercadar itu sebenarnya hal yang sensitif untuk dibahas, apalagi bagi yang bercadar. Kamu juga ga bisa men-judge bahwa make cadar itu salah.

      Katamu kamu sudah dapat ilmu dari internet, buku serta tausiyah-tausiyah yang biasa dibahas di pengajian yang ada di masjid-masjid. Kamu sudah baca berapa buku? Sudah berapa kali ikut pengajian di masjid? Dan internet sumbernya darimana? Jangan sampai kamu hanya membaca atau mendengarkan dari satu sisi saja. Jangan sampai kamu membaca sumber yang di internet itu memang dari awal ga suka dengan kelompok tertentu.

      Begini, kesalahan anak muda sekarang baru membaca sedikit buku tapi ngomong dan berkoar-koarnya kayak sudah baca banyak. Jangan sampai kita termasuk~

      Delete
    6. kita liat aja contoh dekat ya dik nabilah. Mama dedeh sama istrinya alm. ust jefry. bukannya dikit ilmu mereka tuh, tapi mereka gak mau tuh make cadar segala..

      Delete
    7. KALAU MENURUT ANE SOAL CADAR ITU MENURUT KEYAKINAN MASING" DEH :-D CZ YANG ANE PERNAH BACA,ADA SEBAGIAN MAHDZAB YANG MENGATAKAN LOW WAJAH ADALAH SEBAGIAN DARI AURAT DAN HANYA MATA SAJA YANG GAK WAJIB DI TUTUP :-D



      SOAL BAJU SUPER KLOMBROH SIH YA :-D KEK NYA ADA DEH SALAH SATU HADIST RASULULLAH YANG MENERANGKAN BAHWA AKAN ADANYA "KAUM WANITA YANG BERPAKAIAN TAPI TELANJANG" SEMISAL PAKEK BAJU KETAT YANG MEMPERTONTONKAN BODY NYE :-D



      MAAF" YE LOW ANE SALAH / MUNGKIN BEDA PENDAPAT MA ENTE :-D



      SEMOGA BERKAH :-D

      Delete
    8. yg pasti cadar gak wajib coz ketika sholat ato ihram cewe' malah gak boleh pake' niqob, dan gak ada ceritanya sesuatu yg gak boleh dilakukan ketika ibadah kemudian menjadi wajib hukumnya diluar ibadah, dan kalo mnurut sy sih justru malah pake niqab n pake' baju besar di indonesia yg bakal ngundang fitnah.,karena mereka malah lebih terlihat mencolok dari yang lain, lebih mengundang perhatian dan ngasih impresi bahwa mereka memarjinalisakan dirinya,kalo di arab sih gak apa2 pake niqab gak bikin mereka mencolok karena emang itu bagian dari kultur mereka, sebelum islam masukpun di Arab cewe'2 udah pake' niqab, jadi kayaknya kalo di indonesia lebih baik pake'lah baju yg nutup aurat ala indonesia..,wallahu 'alam.

      Delete
  2. Ada juga nih, masalah kebersihan. Dalam hadist sudah disebutkan, tapi masih banyak yang tidak peduli. Misal wc-nya masjid yang ada dipinggir jalan atau masjidnya sendiri tidak terurus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak banget tuh yang kaya begitu. Bikin malu aja.

      Delete
  3. Kalo yang cadar, gue juga nggak tau sih, itu ada di syariat apa nggak. Tapi itu nggak dilarang kan? Dan lebih menutupi, lebih bagus. Tapi setiap orang punya keyakinan dan prinsip masing-masing. So, gapapa beda. Yang penting saling menghargai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep aja tanggapan orang bakalan "kaya yang iya aja bercadar".

      Delete
  4. Mungkin tulisan ini adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kakak adalah orang yang pemikir, atau kritis, atau apalah. Tapi yang aku dapatkan dari membaca tulisan ini malah gambaran kakak yang gak cerdas, dari apa? dari alasan-alasan yang diberikan.
    Orang cerdas itu mestinya mampu melihat hal gak cuman dari satu sudut pandang doang. Bahkan kakak bilang orang-orang yang menyalahkan orang kafir itu salah, bukannya sama saja dengan orang yang menyalahkan orang-orang yang menyalahkan orang kafir itu salah
    Kakak nulis Ya namanya juga "kepercayaan". Jadi ya terserah seseorang itu dong mau percaya ke yang mana. Tapi kakak juga gak menghargai kepercayaan mereka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gini deh dik Adhy...sama kaya agama sebelah yang konon katanya dulu itu punya hukum juga "gak boleh makan babi". Terus setelah ada perjanjian baru malah "ngebolehin" itu salah gak? salah gak merombak-rombak hukum agama itu?

      Delete
    2. Yang berhak menentukan salah atau benar atas tindakkan kita itukan Tuhan, yang bisa kita lakukan adalah mempercayai bahwa yang kita lakukan adalah sesuatu yang benar. Lagian yang aku bicarakan bukan soal agama, tapi soal pola pikir dan penulisan; yang bahkan kakak tidak ada kros cek, minimal dari kitab agama Islam atau jurnal, dan masih berpegang pada konon katanya :)
      Btw, sudah baca review dari kawancut yang ini ? http://sukatahusaya.blogspot.com/2015/06/kok-islam-jadi-gini-review-ade-sugandas.html

      Delete
    3. Lah wong secara logika aja udah gak bisa diterima tuh hal yang ane jabarkan diatas. Ngapain mesti pake dalil segala?. Pernah denger ilmu ma'rifat gak? Dalam agama itu ada namanya ilmu hakikat sama ma'rifat. Hakikat itu ilmu2 dasar teori agama seperti solat, baca Al-Qur'an dll. Nah ma'rifat itu ilmu prakteknya, mengkaji isi dari Al-Qur'an itu. Kayaknya ente mesti cari tau dan belajar ilmu itu deh biar tau alasan ane buat artikel ini :)

      Delete
    4. Assalamualaikum...
      Gan yang bagian mana yang gak bisa di terima secara logika??

      Delete
    5. Gak perlu ane jawab pasti ente juga udah taulah yang mana maksud ane. Ente kan pinter.

      Delete
  5. Artikel yang cukup bagus.
    Bagi anak-anak..

    ReplyDelete
  6. ah saya mah cmn bisa ketawa aj haha

    ReplyDelete
  7. Kalo mau bicara islam tdk bisa lepas dr qur'an,hadis dan ijtihad. Baru jalan. Cadar itu trgntung cara ssorg dlm memahami aurat. Yg pake cadar meyakini aurat prmpuan itu smw badanya bahkan suaranya. Lebih jelas baca fiqih 4 mazhab. Kita wajib menghargai mereka bkn mencacinya. Perbedaan itu rahmat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gitu kita juga wajib menghargai aliran ahmadiyah, karna perbedaan itu rahmat.

      Delete

Latest-Post

Powered by Blogger.

Facebook

My-Tweets

Member-of


Copyright © 2012 - Ade Suganda | Default Design by Johanes Djogan | Edited by @Sooganda